Pemuda Agen Perubahan



Oleh: Kak Abil (Brader Hijarah)

Berbicara mengenai pemuda, tidak terlepas akan semangat yang dinamis. Beragam keunikan menjadi ciri khas yang meliputinya. Setiap onak dan duri dihadapi dengan jiwa militansi. Inilah yang menjadi titik tolak dalam menghadapi setiap persoalan. Oleh karena itu, kehadirannya memberikan warna dalam potret perjalanan sejarah. Tercatat beragam peristiwa hebat dalam bingkai sejarah dilakukan para pemuda. Hal ini merupakan perwujudan karakter dinamis. Namun tentunya, kedinamisan beriringan dengan kemampuan. Keduanya merupakan satu-kesatuan membentuk pribadi hebat. Pada keduanya pula menjadi motor menuju perubahan.

Sebuah perubahan terjadi melalui pergerakan. Kata dasar pergerakan adalah gerakan yang berarti tindakan kolektif yang menghendaki perubahan ke arah yang lebih baik. Hal ini menjadi cita-cita pada sebuah pergerakan. Oleh karena itu, kebaikan menjadi orientasinya. Maka dengan munculnya sebuah pergerakan mengindikasikan perubahan. Perihal ini merupakan keniscayaan sebagai refleksi pada pergerakan.

Maka tidak disanksikan lagi pemicu perubahan baik secara revolusi maupun reformasi sangat berkaitan dengan pergerakan. Sebuah aksioma tatkala melihat beragam peristiwa hebat terjadi melalui upaya pemuda berjiwa militansi. Akan tetapi, kemampuan yang mengiringi semangat muda meraih gegap gempita perubahan erat kaitan dengan landasan dan kepemimpinan berpikirnya. Hal ini merupakan konsekuensi logis saat landasan dan kepemimpinan berpikirya tertanam lalu terbentuk pribadi tangguh siap menerpa halang rintang hingga menuju perubahan yang dicitakan.

Oleh karenanya, landasan dan kepemimpinan berpikir menjadi pemacu dan setir bagi pemuda merealisasikan perubahan. Maka saat kedua motif ini telah dimiliki menjadi keniscayaan timbulnya semangat perubahan. Inilah cita dan rasa yang melekat pada jiwa muda. Jadi kedinamisan, jiwa militan, dan kemampuan adanya landasan dan kepemimpinan berpikir merupakan tolak ukur dalam menyingkap tabir kegelapan.
Label:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget