Ulama Pewaris Para Nabi Jangan Mau Di Akali Pemimpin



Oleh : Nazwar Syarif

Ulama adalah pewaris para Nabi guys sesuai dengan hadist Rasulullah SAW (HR At-Tirmidzi dari Abu Ad-Darda radhiallahu ‘anhu), Sosoknya ulama seharusnya menjadi contoh teladan bagi umat Rasulullullah SAW.

Tetapi tidak semua orang bisa menjadi ulama guys karena menjadi seorang ulama tanggung jawabnya besar sekali loh..ulama juga dibagi menjadi dua ada ulama baik dan ada ulama yang tidak baik

RASULULLAH shallallahu alaihi wasallam bersabda "ingatlah, sejelek-jelek keburukan adalah keburukan ulama dan sebaik-baik kebaikan adalah kebaikan ulama." (HR ad-Darimi).

Berikut adalah tentang ulama busuk/ buruk (al-ulama al su') Imam Ghazali membahasnya dalam kitab Ihya' Ulumiddin, yang membagi ulama dalam dua bentuk kategori, Ulama Akherat dan Ulama Dunia. Yang pertama adalah ulama pewaris Nabi, warasat al-anbiya. Sedangkan yang kedua adalah Ulama su' (jahat).

Ulama baik Inilah dia ulama yang haq, ulama pewaris Nabi, yakni ulama yang benar-benar beramal dengan Al-Quran dan Sunnah, disebut juga ulama ul 'amilin. Umumnya mereka ini banyak di zaman salafussoleh. Karena itu kita sebutkan mereka ulama salafussoleh. Yang mana selepas generasi mereka, cukup sulit untuk dapatkan ulama yang haq ini. Kita balik ke sejarah kisah seorang ulama yang dijuluki singa padang pasir Omar Moekhtar yang tidak mau menuruti kemauan penjajah italia akhirnya Omar Moekhtar Syahid digantung. Beliau rela menjual nyawanya kepada Allah untuk akhiratnya daripada dunianya.

Contoh teladan yang sering kita dengar guys saat Rasulullah SAW ditawari harta, tahta dan wanita untuk berhenti menyebarkan Islam Rasulullah menolak dengan tegas. Rasulullah saw. bersabda, “Seandainya matahari diletakkan di tangan kananku dan bulan di tangan kiriku, sekali-kali aku tidak akan meninggalkan usaha dakwah ini hingga Allah memenangkannya atau aku binasa dalam perjuangan itu.”

Seharusnya Ulama sekarang jika didatangi para pemimpin yang dzalim tetap katakan yang haq itu haq dan yang bathil itu bathil guys jangan mau Ulama diakali pemimpin agar pemimpin itu berkuasa kembali.

Wallahhu'allam (NS)

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget