Emak Militan Tetap Tegar, Suami Setia Mendampingi



Sidang lanjutan atas Terdakwa Emak Militan, Rini Sulistiawati di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dibuka Majelis Hakim dengan agenda pemeriksaan Terdakwa (30/04/2018). Dalam pemeriksaan, Terdakwa menyatakan hanya melakukan Copy Paste terhadap 3 (tiga) konten postingan yang ada, ia tidak membuat, merubah memanipulasi dan merekayasa content tersebut.

Postingan konten meme berupa baliho bertuliskan "PDIP tidak butuh suara Umat Islam" dilakukan secara spontan , tanpa ada maksud untuk menimbulkan kebencian.

Ketika ditanyakan pemaknaan tentang postingan “PDI-P tidak Butuh Suara Umat Islam” , Terdakwa menjelaskan adanya kata 'umat Islam' dan 'Islam' secara spontan membuatnya jadi tertarik menshare.

Akmal Kamil Nasution, SH, selaku Penasehat hukum Terdakwa menanyakan ihwal penahanan, penyitaan dan perubahan pasword akun Facebook Terdakwa. Terdakwa menjelaskan bahwa sejak penahanan password akun Facebook Terdakwa diganti oleh penyidik, HP disita penyidik,sehingga Terdakwa tidak bisa mengakses dan tidak bertanggung jawab lagi setelahnya.

"Jadi jelas, pertanggungjawaban konten ada pada penyidik. Penyidik sendiri gagal menampilkan konten postingan, padahal menurut ahli sesuai ketentuan pasal 6 UU ITE, konten tersebut harus dapat diakses dan ditampilkan agar dapat dipertanggungjawabkan" tegas Akmal.

Akmal menjelaskan, ketika konten tidak dapat diakses dan ditampilkan, otomatis bukti yang dihadirkan jaksa lemah. Padahal, dasar dakwaan itu berasal dari konten postingan.

"Jika bukti lemah, dengan demikian demi hukum kasus ini harus diputus bebas" tutup Akmal.

Agenda sidang selanjutnya, dilaksanakan pada tanggal 07 Mei 2018, dengan agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum.

Sepanjang pemeriksaan persidangan, Pak Asep suami Terdakwa terlihat setia menemani. Diantara jeda sidang dan masa tunggu sidang, terlihat suami Terdakwa selalu memberi suport dan semangat kepada Terdakwa untuk tegar menghadapi proses persidangan. [].

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget