Divestasi Freeport Hanya Pencitraan Penguasa



Mercusuarumat.com. Bandung (28/7). Isu Divestasi Freeport dinilai dipolitisasi oleh pemerintah sebagai pencitraan semata. Hal ini disampaikan oleh Dr. Julian, M.E.Sy, Dosen Ekonomi Islam Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, saat menyampaikan materi pada acara Dirasah Syar’iyyah, Sabtu (28/7).


“Isu divestasi bukan sekedar masalah ekonomi namun telah jauh dipolitisasi”, ucapnya. Lebih lanjut ia mengatakan, jika pemerintah serius ingin mengakuisisi saham PT Freeport Indonesia, maka pemerintah harus menyelesaikan terlebih dahulu kesepakatan dengan Rio Tinto. “PT Freeport telah menjual hak partisipasi kepada Rio Tinto, maka untuk membeli saham PT Freeport, sebaiknya pemerintah harus menyelesaikan kesepakatan terlebih dahulu dengan Rio Tinto”, terangnya.

Ia menerangkan pemerintah hanya malakukan pencitraan, sampai saat ini belum ada peralihan saham dari PT Freeport Indonesia ke PT Inalum (BUMN, red), yang terjadi pemerintah hanya melakukan kesepakatan harga. “Pemerintah mengakuisis 51% saham PT Freeport sebatas kesepakatan harga, belum terjadi transaksi”, ucapnya.

Acara yang diselenggarakan oleh Raudhah Tsaqafiyyah Jawa Barat ini bertempat di Aula Jl. Jakarta No. 41 Bandung dengan mengangkat tema ” Divestasi Freeport dalam Timbangan Syariah” yang dihadiri oleh perwakilan ulama, akademisi dan pemuda di Jawa Barat. [IW]

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget