Inilah Kehebatan Dunia Pendidikan Era Khilafah



Mercusuarumat.com. sebagaimana lazim diketahui, tiap 25 November masyarakat Indonesia selalu peringati Hari Guru. Tahukan sahabat, bagaimana hebatnya dunia pendidikan, wabil khusus guru pada era khilafah?

Perbandingan gaji guru zaman now dan masa khilafah.

Guru honorer di Indonesia, khususnya di daerah hanya menerima gaji rata-rata Rp 500 ribu per bulan (Liputan6.com), sedangkan di era khilafah standar gaji guru yang mengajar anak-anak pada masa pemerintahan Umar bin Khattab sebesar 15 Dinar (1 dinar = 4,25 Gram Emas) atau setara 5.700.000,- rupiah dan diikuti oleh para khalifah berikutnya (news.visimuslim.org)

Mahalnya Biaya Pendidikan di Perguruan Tinggi Indonesia, sebaliknya di masa Khilafah, GRATIS!

Berdasarkan data UKT tahun 2013 dan 20­14, sebanyak 50 persen mahasiswa di PTN berbadan hukum membayar uang ku­liah di atas Rp 4 juta - Rp 10 juta per semes­ter. Bahkan ada yang membayar Rp 47,5 juta per semester (koran Kompas, 4 Fe­bruari 2016), adapun ketika dunia dipimpin oleh Khalifah, Para khalifah memberikan penghargaan sangat besar terhadap para penulis buku, yaitu memberikan imbalan emas seberat buku yang ditulisnya.


Seberapa Besar Penghargaan Karya Ilmuan Indonesia?

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Dr Umar Anggara Jenie Apt. M.Sc berpendapat, penghargaan terhadap insan peneliti atau pengembang riset di Indonesia masih dirasa kurang. Hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya ilmuwan asal Indonesia yang justru mendarmabaktikan karyanya di luar negeri karena merasa lebih mendapatkan dukungan dibandingkan di negaranya sendiri (lipi.go.id, 12/12/2009), berbeda dengan Islam, Islam sangat menghargai karya, sebagaimana Para khalifah memberikan penghargaan sangat besar terhadap para penulis buku, yaitu memberikan imbalan emas seberat buku yang ditulisnya.

Para Ilmuwan di Masa Khalifah yang Berpengaruh

Banyak sekali imuan yang berpengaruh era khilafah, diantaranya:
Al Khawarizmi orang pertama yang menyusun al Jabar.
Jabir bin Hayan ahli Kimia yang terkenal.
“Saya temukan” (Eureka..!) kata Al Biruni orang yang meletakkan sebuah teori sederhana guna mengetahui volume dari lingkungan geologis.
Khalifah al Makmun mendirikan observatorium untuk para astronomnya Muhammad, Ahmad dan Hasan Bin Musa (Banu Musa asy Syakir).
Avicena (Ibnu Sina 980 - 1037) dan Algazel (Al Ghazali 1053 – 1111) sudah memikirkan hitung diferensial, 700 tahun sebelum orang Inggris Newton dan orang Jerman Leibniz.

Lihat bagiamana kewibawaan umat islam tempo khilafah
Ini petikan surat George II [Raja Inggeris, Swedia dan Norwegia] kepada Khalifah Hisyam III


Dari George II,
Raja Inggeris, Swedia dan Norwegia,
Kepada Khalifah - Penguasa kaum Muslimin - di Kerajaan Andalusia,
Yang Mulia, Hisyam III,


Yang Mulia..

Setelah salam hormat dan takdzim, kami beritahukan kepada yang Mulia, bahwa kami telah mendengar tentang kemajuan yang luar biasa, dimana berbagai sekolah sains dan industri bisa menikmatinya di negeri yang Mulia, yang metropolit itu.

Kami mengharapkan anak-anak kami bisa menimba keagungan yang ideal ini agar kelak menjadi cikal bakal kebaikan untuk mewarisi peninggalan yang Mulia guna menebar cahaya ilmu di negeri kami, yang masih diliputi kebodohan dari berbagai penjuru.

Kami telah memutuskan puteri saudara kandung kami, Dubant, untuk memimpin delegasi dari puteri-puteri pemuka Inggeris agar bisa memetik kemuliaan … agar kelak beliau bisa ditempatkan bersama teman-teman puterinya dalam naungan kebesaran yang Mulia.

Puteri kecil kami, juga telah dibekali dengan hadiah kehormatan untuk menghormati kedudukan yang Mulia nan agung..

Hamba mengharapkan kemuliaan yang Mulia dengan berkenan menerimanya, dengan penuh hormat dan penuh cinta yang tulus.

Tertanda,
Pelayan yang Mulia nan taat,
George II


Luar biasa bukan kehebatan dunia pendidikan Era Khilafah?
Yuk rapatkan barisan perjuangan islam demi tegakkan khilafah!

Wallahu'alam
[IW]
Sumber:
Untold History, Hafidz Abdurahman
Liputan6.com
News.visimuslim.org
Lipi.go.id
Koran kompas

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget