Wabah Merebak, Festival Asia Afrika Apa Kabar?


Oleh : Ummu Lanaga


Festival Asia Afrika rencananya akan digelar di Kota Bandung, Jawa Barat, pada April 2020. Menurut Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, 28 delegasi provinsi di Indonesia akan hadir. Diperkirakan, acara itu akan dihadiri 40 ribu orang, baik penonton maupun pengisi acara. Gelaran ini juga tentu direncanakan didatangi oleh perwakilan negara-negara Asia Afrika.

"Kami optimistis, event ini akan menarik arus wisatawan dalam jumlah yang besar,” terang Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Wawan Gunawan.

Terkait dengan semakin merebaknya wabah Covid-19,  belum ada keputusan apakah gelaran ini akan ditunda atau dilaksanakan.

"Saya tidak suka mendengar acara dibatalkan, nanti kita ukur saja keilmiahannya apakah ada potensi virus atau tidak, negara yang diundang juga kalau tidak ada dalam list (travel warning) tidak ada masalah," kata Gubernur. Meski kemudian Gubernur yang disapa Emil ini telah menyarankan walikota Bandung untuk menunda gelaran tersebut. 

Apakah gelaran Festival Asia Afrika 2020 akan tetap berlangsung?  Apa yang akan menjadi pilihan pemerintah kota: Isolasi atau investasi?

Dalam situasi wabah yang masuk level Pandemik,  tindakan-tindakan preventif perlu untuk dilakukan agar persebaran virus menjadi tertekan.  Islam mengajarkan agar dilakukan karantina/isolasi. Keselamatan warga jauh harus lebih diutamakan daripada keuntungan material.

“Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya.  Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu."  (HR. al-Bukhari)

Inilah panduan Islam.  Penguasa dalam pandangan Islam merupakan penanggungjawab atas rakyatnya.  Dengan sistem politik dan sistem ekonomi yang stabil,  rakyat akan dilindungi dari semakin menyebarnya wabah dengan tetap memenuhi kebutuhan rakyat dalam situasi isolasi. Wallahu a'lam bish-showab. []

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget